Jualan produk digital

Kalo boleh jujur, jualan produk digital nggak semudah jualan produk fisik.

Suer.

Apalagi bagi orang yang baru terjun dalam bisnis macam ini. Termasuk saya ini. Ada banyak hal yang perlu diketahui dalam memulai usaha ini. Karena saya masih pemula, jadi hanya sedikit yang bisa saya share.

Sebelum memulai jualan, pertama kita harus bisa melihat peluang. Diperlukan ide-ide segar dan pikiran yang fresh agar bisa melihat peluang, untuk kemudian dieksekusi.

Sebenarnya ada banyak produk digital yang bisa dijual, diantaranya: ebook, software, script, plugin, themes, template, video, dll. Trus model produk apa yang bisa saya eksekusi? Itu tergantung minat dan bakat kita.

Kalau kita jago programming : bikin script,software  themes, plugin

Kalo jago desain: bikin desain themes, banner, template, cover, sales page

Kalo jago nulis: bikin sales letter, artikel,ebook

Bagaimana saya bisa melihat peluang?

Kalau bagi saya simpel saja, pikirkan apa yang dibutuhkan orang. dari situ maka akan muncul ide untuk membuat sesuatu yang bisa menyelesaikan kebutuhan itu. Kalau sudah dapat ide, kumpulkan segala sumber tenaga, pikiran, pengalaman, dan pengetahuan untuk mengeksekusi ide itu menjadi sebuah produk yang bisa dijual.

Kadang kala pikiran saya terbalik. Bikin sesuatu dulu, baru mikir, ini nanti bisa dijual apa kagak ya. Itu akan menjadi sesuatu yang sia-sia.

Cara paling gampang menurut saya gini. Carilah produk yang sekiranya bayak dipakai oleh orang. Contek cara kerjanya. Lakukan modifikasi sedikit. Rombak tampilannya. Tambahkan sedikit saja fitur, atau sesuatu yang membedakan produk anda dengan produk yang sudah laku. Kemas dengan model yang berbeda. Jual!

Itu yang selama ini saya lakukan. Dan ternyata berhasil.

Menyontek itu adalah sesuatu yang sah dan boleh-boleh aja, yang penting jangan dilakukan kalau pas ujian sekolah. 😀

Mengapa? Karena dengan mencontek sebuah produk yang udah laku, kita tidak perlu repot-repot melakukan banyak analisa pasar, karena sudah pasti produk itu ada peminatnya dan laku dijual.

Misalnya produk semacam ini : AzonTurbo

body1

AzonTurbo adalah salah satu plugin wordpress untuk melakukan posting produk amazon ke dalam blog secara otomatis. Link jualannya disini.

Tahukah Anda bahwa di internet sudah banyak produk semacam itu, misalkan : WPRobot, WPZonBulder, Associate Goliath, dan sebagainya. Pokoknya udah banyak bertebaran.

Tapi kenyataanya ketika launching pertama AzonTurbo mampu terjual dengan laku 😀

Apakah AzonTurbo produk yang unik? Sama sekali tidak. Bahkan saya pikir semua orang bisa membuat produk semacam itu dan menjaulnya. Kalau tidak percaya coba saja.

Tapi kenapa si pembuatnya ngotot menjual produk itu, padahal di pasaran udah banyak produk sejenis?

Yang  jelas, pertama karena orangnya butuh duit 😀

Tentu saja membuat produk yang sama jenisnya tidak bisa sama plek. Kalo bikin produk yang sama persis, jelas yang mau beli bertanya-tanya : apa bedanya sama produk A? Calon pembeli pasti mencari perbedaan.

Makanya terkadang kita perlu memikirkan cara membuat supaya produk kita berbeda dengan produk sejenis. [bersambung]

Tinggalkan komentar